Rem Mobil Berdecit

Kenali Penyebab Rem Berbunyi
Bunyi yang timbul saat pedal rem diinjak sering terjadi pada mobil yang digunakan untuk perjalanan jauh, melewati genangan air, atau jalan yang berdebu. Kerja rem yang cukup berat saat perjalanan jauh dan tumpukan kotoran dapat mengurangi kinerja sistem rem sehingga menimbulkan bunyi. Berikut empat faktor yang menyebabkan rem berbunyi saat diinjak.

Kanvas rem aus. Umumnya kanvas rem bagian depan dan belakang diperiksa dan diganti setiap kelipatan 20.000 kilometer atau 1 tahun sekali. Pemeriksaan kanvas rem dapat dilakukan lebih cepat jika mobil sering digunakan pada jalan-jalan yang macet dan dan berdebu. Tujuannya agar permasalahan pada rem lebih cepat terdeteksi dan dapat segera diatasi.

Cakram dan tromol rem tidak rata. Gesekan kanvas rem dan tromol yang berulang-ulang dapat menyebabkan cakram dan tromol rem tidak rata permukaannya. Selain dapat menimbulkan bunyi, permukaan cakram rem yang tidak rata juga dapat menyebabkan getaran saat dilakukan pengereman. Jika kondisinya tidak terlalu parah, pihak bengkel umumnya melakukan bubut untuk meratakan kembali permukaan cakram rem. Tetapi jika tidak bisa diperbaiki dengan teknik bubut maka bengkel akan mengganti cakram atau tromol rem dengan yang baru.

Rem kotor. Penyebabnya adalah debu jalan yang masuk ke dalam sistem rem yang makin lama semakin menumpuk. Ditambah lagi saat mobil dicuci atau terkena hujan maka debu dan kotoran yang terdapat di dalam sistem rem akan mengeras dan membuat lapisan di permukaan kanvas rem dan cakram/tromol. Akibatnya timbul bunyi yang mengganggu saat rem diinjak. Untuk solusinya, minta bantuan bengkel untuk membongkar sistem rem lalu semprot dengan cairan khusus pembersih rem dan udara bertekanan.

Rem macet. Kondisi ini biasanya disebabkan piston rem sudah tidak dapat bergerak. Akibatnya saat pedal rem diinjak, kanvas rem tidak menekan permukaan cakram dan tromol rem. Jika macet terjadi pada posisi menekan, tentunya kanvas rem dan permukaan cakram serta tromol rem akan tetap terhubung sehingga bunyi akan terus terdengar meskipun pedal rem tidak diinjak. Kerusakan seperti ini diatasi dengan pengantian karet piston rem dan membersihkan permukaan piston.

Rem merupakan komponen yang vital karena menyangkut keamanan berkendara. Oleh karena itu jika ditemukan permasalahan pada rem mobil maka harus segera ditindaklanjuti. Dengan mengenali gejala-gejala awal kerusakan pada rem kita akan dapat mengantisipasinya sehingga kerusakan tidak menjalar ke komponen lain yang berhubungan.

sumber : toyota daihatsu international

Comments