Cara Mengganti Baterai Remote Satria Black Predator

Hai..Selamat datang para pemilik motor Satria, Salam Suzuki Lovers dan Salam Satria Muda !
Teman-teman yang pakai motor Satria mungkin ada yang memasang alarm anti maling seperti gambar diatas.

Jika membeli Motor Satria Black Predator,sudah pasti mendapatkan paket alarm seperti ini.

Saya ingin berbagi pengalaman dengan para Satria Muda, mengenai cara mengganti baterai remote pada alarm tersebut. Jika di lihat secara seksama, tidak terdapat baut untuk membuka alarm tersebut. Bahkan ketika saya tanyakan kepada salah satu teknisi Bengkel Resmi Suzuki di daerah T****n, jawaban dari teknisi tersebut sangat mengecewakan saya dan membuat saya terkejut.
Sang teknisi mengatakan, bahwa untuk alarm model seperti ini tidak bisa diganti baterainya, jadi kalau sudah tidak berfungsi disarankan untuk ganti alarm set yang baru. - aneh bin ajaib, ada teknisi bengkel resmi yang seperti ini. Jika itu bukan perkataan dari salah satu teknisi bengkel resmi, mungkin saya tidak akan terkejut dan bingung alias bisa saya maklumi kekurangannya.

Singkat kata saya coba melakukan browsing pada saat itu dan berharap menemukan pencerahan di internet, ternyata tidak ada yang memposting mengenai cara mengganti baterai remote Motor Satria tersebut, Saya tidak putus asa dan mencoba bertanya kepada teknisi bengkel lain, tetapi tetap tidak menemukan keyakinan karena saya melihat teknisi tersebut terlihat bingung dan terkesan ragu-ragu dalam menjelaskan.

Akhirnya tidak sengaja saya bertemu dengan salah satu pemakai Suzuki Satria dengan remote seperti itu, dan dia mengajariku dan menjelaskan kepadaku cara untuk mengganti baterai remote tersebut (thanks bro Edwin).
ternyata tidak sulit tetapi perlu kehati-hatian dalam membukanya, akan saya coba jabarkan disini, mudah-mudahan bisa gampang dimengerti. Semoga bermanfaat :
               Alat yang dibutuhkan adalah 1 buah obeng transparan bolak balik (+) dan (-)
   

Jika sudah di ganti dengan baterai baru ( sebanyak 3 buah baterai koin tipis), maka proses pemasangannya adalah sama dengan kebalikan dari proses pembongkarannya.

Selamat mencoba ! dan silakan tonton videonya agar lebih jelas caranya. terima kasih karena telah berkunjung di blog saya. MOHON MAAF apabila komentar-komentar dari mas/mbak/bapak/ibu agak lama di balas karena kesibukan kerja.

by : Backpackerhood
                                             Video Cara Ganti Baterai
.

Comments

  1. Replies
    1. sama sama mas, terima kasih juga sudah mampir

      Delete
    2. Td saya bwa ke tukang jam,eh dia bingung bukanya,trus ane pulang buka browsing,eh trnyata ush bisa dibuka,tinggal cati batrenya nin

      Delete
    3. Td saya bwa ke tukang jam,eh dia bingung bukanya,trus ane pulang buka browsing,eh trnyata ush bisa dibuka,tinggal cati batrenya nin

      Delete
  2. mantap gan.. makasih banget, tertolong sama artikel ini, tadi pagi hampir gak bisa berangkat kerja gara2 baterry alarm soak

    ReplyDelete
  3. beli batrei nya dimana bro? thx utk artikelnya. sangat membantu nih karean ane bingung jg hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. baterai bisa dibeli di toko jam tangan, atau tempat reparasi jam tangan di pasar biasanya ada juga yg jual. Sorry ya...respon saya lambat...soalnya baru belajar nge blog...masih belum begitu familiar. jadi jarang buka blog ini. trims ya udah mampir

      Delete
    2. Waduh jangan beli di toko jam gan.. hargnya di mark up gila pasti... lebih baik langsung ke toko khusus rangkaian elektronik jauh lebih murah, harga bisa selisih 10ribu rupiah

      Delete
  4. Replies
    1. kalau yang asli baterai bawaan dari remote mereknya Mitsubishi CR2016E lithium 3V, harga sekitar 40ribuan per pc. butuhnya 2 pcs untuk 1 remote.
      kalau yang merek lain yang murah, harganya sekitar Rp.13.000 s/d 15.000 per pc
      bisa beli di tukang jam atau toko jam
      atau kalau yang tinggal di daerah sekitar glodok, ada 1 toko baterai yang super lengkap. saya lupa nama tokonya tapi hafal lokasinya kalo kesana.
      bila pas saya ada kesana lagi, ntar saya update deh info tokonya.
      sorry ya responnya lama...jarang buka blog nya ini.
      trims sudah sudi mampir

      Delete
    2. maaf ralat : butuh 3 pcs baterai untuk 1 remote...bukan 2 pcs...maaf ya salah ketik.

      Delete
    3. Mkzh atas pencerahannya semoga jadi berkah..

      Delete
  5. Ninggalin jejak dulu om..
    Bermanfaat artikel nya buat sesama pemakai alarm di saef..

    ReplyDelete
  6. Replies
    1. kalau selama ini saya pakai sih gak masalah meskipun kena hujan...tapi sebaiknya sih biar aman meskipun tahan air, kalau hujan dibungkus aja pakai plastik...takutnya ada yg cela atau kurang rapat air bisa rembes kedalam remote yg menyebabkan baterai lembab dan mengurangi kepekaan alarm

      Delete
  7. Mas infonya bagus. Terima kasih tapi saya mau nanya susunan baterainya gmna ya? Bagian positif di atas semua ya?

    ReplyDelete
  8. Kalo alarm kurang peka gimana ya cara mengatasinya

    ReplyDelete
  9. Kalo alarm kurang peka gimana ya cara mengatasinya

    ReplyDelete
    Replies
    1. terus terang saya belum tahu cara mengatasi tentang remote yg kurang peka.
      ohya, bukan kah remote ada 2 pcs ? bagaimana dengan remote cadangan tersebut ? apakah juga kurang peka ?
      kalau kurang peka nya karena motor diparkir di lokasi tertentu, kemungkinan besar didaerah tsb ada pancaran sinyal lain yang kuat sehingga mengganggu sinyal remote.
      seperti : daerah didekat pemancar, atau di sekitar bank/minimarket yg diatap mereka biasanya ada parabola

      Delete
  10. Gua punya masalah serupa bro, motor gua FU thn 2015 yg udh pk remot. thx banget it's work ... awalnya gua bingung karena gak ada baut di remot, sempet kepikiran bongkar sendiri tapi takut salah fatal n gtw gmn cr bukanya, konsultasi ke bengkel resmi udh pst srh gnt full set ... postingan lo bermanfaat banget sekali lagi thx ya .... Salam FUser Bdg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sama mas Fajar, senang banget ternyata artikel saya ini bisa bermanfaat.
      iya benar, ternyata mekanik bengkel suzuki gak semua tahu tentang remot ini. dulu pernah saya tanyain ke salah satu mekanik bengkel suzuki resmi , jawaban mekaniknya sungguh mengejutkan. katanya kalo sdh lemah, harus ganti remote baru...gak bisa ganti baterai.
      kok bisa mekaniknya suzuki bengkel resmi gak paham ya ? bingung juga.

      Delete
  11. Gw mau nanya nie gan . Ane baru2 z nie pasang alrem . Sekitar 2 bulan yang lalu . Tapi ko remot ane dua2 nya kurang responsif . Apaa itu dari batrey nya apa dari apanya ya ? Tolong bantuanya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pasangnya di dealer resmi suzuki sih biasanya ada garansi kalau memang ada keluhan, karena bisa dipastikan produknya asli.
      Mungkin mas pasangnya bukan di bengkel resmi...maaf kalau saya salah mengira.

      Delete
  12. Gw mau nanya nie gan . Ane baru2 z nie pasang alrem . Sekitar 2 bulan yang lalu . Tapi ko remot ane dua2 nya kurang responsif . Apaa itu dari batrey nya apa dari apanya ya ? Tolong bantuanya gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pasangnya di dealer resmi suzuki sih biasanya ada garansi kalau memang ada keluhan, karena bisa dipastikan produknya asli.
      Mungkin mas pasangnya bukan di bengkel resmi...maaf kalau saya salah mengira.
      ohya...untuk baterai kalau bisa cari baterai yg original...biar tahan lama.

      Delete
  13. Wow Mantap Gan. Terima Kasih untuk petunjuk dan sangat membantu saya dan kawan-kawan lainnya yg belum paham caranya. Terima Kasih sekali lagi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama sama mas, terima kasih juga sdh mampir.
      ilmu saya juga masih dangkal mas...jadi hanya bisa share yang aku tahu aja. tq

      Delete
  14. seting kepekaan gimanya yaa..punya saya telalu peka

    ReplyDelete
  15. Kalau cara melepas sensor alarm nya gmna bro ?
    Mohon di jawab

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau itu sebaiknya jangan dikerjakan sendiri mas, takutnya nanti malah merembet dan merusak ke komponen lain.
      bawa ke bengkel resmi saja mas...biar ada garansi kalau ada apa apa.
      sambil dilihat cara mereka bekerja saat melepas sensor alarm, kita bisa sambil belajar dan tahu tehkniknya.

      Delete
  16. Kalau cara melepas sensor alarmnya gmna bro ??
    Tolong balasan.nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau itu sebaiknya jangan dikerjakan sendiri mas, takutnya nanti malah merembet dan merusak ke komponen lain.
      bawa ke bengkel resmi saja mas...biar ada garansi kalau ada apa apa.
      sambil dilihat cara mereka bekerja saat melepas sensor alarm, kita bisa sambil belajar dan tahu tehkniknya.
      sambil memperhatikan teknisinya kerja biar dapat ilmu

      Delete
  17. sangat membantu gan blognya.....
    trims ya,,,jdi fungsi lagi nih remote alarm saef ane,,
    sala FU_lover's

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah senang banget aku blog ini bisa membantu dan bermanfaat. trims juga sdh mampir

      Delete
  18. Replies
    1. terima kasih juga mas sudah mampir dan kasih komen positif. thanks

      Delete
  19. Gan. Nyari baterai nya dimana ya?? Apa tipe baterai nya kayak baterai jam tangan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. di tukang service jam pinggir jalan sebenarnya ada jual, tetapi jangan lupa bawa contohnya biar gak salah.
      hanya saja yang dijual di pinggir jalan kualitasnya kurang bagus jadi hanya bisa tahan sekitar 3 bulan saja sdh soak lagi baterainya.
      beberapa bulan lalu gak sengaja saya ke gramedia di mal megah bekasi (persis depan exit bekasi barat) ada jual baterai energizer tipe ini. dan sangat awet serta harganya gak mahal. mungkin di gramedia lain ada jual...dicoba ya mas...trims

      Delete
  20. Gan. Nyari tipe baterai nya yg kayak mana ya gan??
    Apa sama kayak baterai buat jam tangan??

    ReplyDelete
    Replies
    1. baterai lamanya di simpan 1 keping aja di dompet, jadi sewaktu waktu kalau ada ke gramedia bisa dicocokin. digramedia bekasi (giant) ada jual.

      Delete
  21. gan mau nanya nihhh , remot gw skrng udah rusak tombolnya yg satu gak bisa nyala, saya bongkor kuningannya sudah karaten dan nglupas, kalo mau beli remot nya aja bisa gak yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. biasanya remot dapatnya 2 pcs koq mas, jadi kalau 1 rusak atau berkarat masih ada cadangan 1 lagi.
      saya kurang tahu kalau dimana ada jual remot, setahu saya sih gak ada yg jual terpisah karena remot tsb frekwensinya sdh disetting 1 set dengan perangkatnya.
      mungkin untuk service bisa di bawa ke tukang service elektronik agar dibersihkan karat nya.
      hanya itu yang bisa saya infoin, semoga bermanfaat ya mas. trims

      Delete
  22. Thanks a lot gan, artikel yg sangat bermanfaat������������Remot SaeFUL ane dua2nya abis batre, udah bingung aja ane, langsung mikir cabut/lepas alarmnya����untung ane baca postingan agan backpackerhood...keren dah mantapp������������������

    ReplyDelete

Post a Comment

Komentar yang sopan mencerminkan Pribadi yang Arif Bijaksana !