Karet Wiper Mobil

Langkah Sederhana Menjaga Karet Wiper Tidak Mengeras
Karet wiper berperan penting untuk menjaga kejernihan dan kebersihan kaca depan mobil sehingga pandangan pengemudi ke jalan tidak terganggu. Peran karet wiper ini menjadi sangat vital ketika mengemudi di tengah guyuran hujan lebat. Jika karet wiper tidak berfungsi dengan baik tentunya pandangan pengemudi ke arah depan akan terhalang air hujan dan dapat menyebabkan kecelakaan.

Karet wiper harus dirawat dengan baik agar usia pakainya lebih tahan lama dan tetap berfungsi dengan baik. Caranya, sebelum menghidupkan wiper pastikan kaca mobil dalam kondisi basah. Jika wiper dihidupkan tidak pada saat hujan, sebaiknya semprot kaca dengan air wiper terlebih dahulu untuk meluruhkan debu dan kotoran yang menempel di kaca.

Oleh karena itu pastikan penyemprot (washer) wiper terisi air, semprotan airnya lancar atau tidak tersumbat, dan arah semprotan tepat ke permukaan kaca. Sumbatan pada lubang washer dapat diatasi dengan memasukan jarum/peniti ke lubang washer. Sementara arah semprotan washer dapat disesuaikan kembali dengan cara memasukan jarum ke lubang washer lalu distel naik-turun, kiri-kanan, sehingga arah semprotan tepat ke arah kaca.

Merawat karet wiper juga dapat dilakukan dengan mengangkat wiper jika memarkir mobil di luar ruangan yang tidak dinaungi atap dan terpapar sinar matahari langsung. Wiper yang tidak diangkat dan dibiarkan terus-menerus menempel pada kaca mobil yang panas karena sinar matahari akan menyebabkan karetnya getas dan mengeras.

Karet wiper yang sudah berkurang elastisitasnya atau sudah mengeras, tidak maksimal dalam menyapu air dari kaca. Kondisi ini juga dapat merusak permukaan kaca apabila dibiarkan terlalu lama dan tidak segera diganti dengan karet wiper yang baru. Tentunya biaya yang dikeluarkan untuk mengganti karet wiper akan jauh lebih murah dibandingkan dengan mengganti kaca depan mobil yang baret akibat karet wiper yang sudah mengeras.

Kapan waktu untuk mengganti karet wiper memang tidak tercantum dalam buku servis namun dapat diketahui dari hasil sapuan air di permukaan kaca. Jika masih ada sisa air saat wiper menyapu kaca mobil maka dapat dipastikan sudah waktunya mengganti karet wiper. Lakukan penggantian karet wiper setidaknya setahun sekali dan lakukan sebelum musim hujan.

sumber : toyota daihatsu international

Comments