Bersihkan Mesin Mobil

Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Membersihkan Mesin

Membersihkan mesin dan sekitaran ruang mesin adalah salah satu cara untuk merawat mobil yang memang perlu dilakukan. Bersihkanlah ruang mesin dan sekitarnya ketika terlihat kotor dan berdebu dengan tujuan agar komponen bersih, sehingga bisa membuat mesin mobil beserta komponennya menjadi lebih awet. Medan tempuh dan kondisi jalan yang dilalui oleh kendaraan akan menentukan cepat atau lambatnya proses pengotoran pada ruang mesin. Komponen yang ada di ruang mesin tidak semuanya dapat terkena air dengan aman. Jadi saat mencuci mesin, lakukan dengan ekstra hati-hati, terutama ketika proses pencuciannya dilakukan sendiri.

Adapun komponen yang harus dilindungi saat mencuci mesin yaitu komponen yang berhubungan dengan kelistrikan mobil antara lain :

1. Box sekring
2. ECU (Electronic Control Unit)
3. Alternator
4. Kabel dan socket (penghubung kabel)
5. Sensor – sensor elektrikal

Dibawah ini adalah langkah-langkah yang Anda dapat lakukan ketika membersihkan bagian mesin mobil.

1. Selain memastikan semua sistem kelistrikan dalam keadaan mati, sebaiknya lindungi komponen–komponen yang telah disebutkan di atas tadi dengan plastik.

2. Gunakan engine degreaser pada bagian mesin, terutama bagian yang terkena noda membandel. Ratakan dengan kuas dan diamkan selama 10 menit agar meresap pada noda.

3. Bilas dengan air. Seperti disebutkan sebelumnya bahwa banyak komponen yang perlu dilindungi dari percikan air, sehingga saat membilas sebaiknya gunakan dan atur spray agar air tidak menyemprot dengan deras dan tidak mengenai komponen-komponen kelistrikan tadi. Saat membilas, segera lap komponen-komponen kelistrikan yang terkena air.

4. Langkah selanjutnya setelah selesai pembersihan, perlu mengeringkan air yang menempel di sekitaran mesin dengan lap kain jenis kanebo atau chamois yang dapat menyerap air. Sedangkan untuk mengeringkan air yang ada di sela-sela kabel atau socket, lakukan penyemprotan dengan angin yang bertekanan, agar lebih cepat proses pengeringannya. Tetapi kalau tidak ada angin bertekanan, anda dapat mengandalkan pengeringannya cukup dengan kain chamois dan tunggu sampai benar-benar kering. Setelah itu, Anda dapat menghidupkan mesin mobil yang sudah dicuci tadi.

sumber : toyota daihatsu international

Comments